Subscribe to my full feed.

Tuesday, October 31, 2006

Oleh-Oleh Ti Bandung 1

Masih ingat ga waktu SD dulu?Biasanya kalo abis liburan panjang kaya gini pas pelajaran bahasa Indonesia kita disuruh mengarang tentang liburan kita .Nah terinspirasi oleh itu pada postingan kali ini , itung-itung nostalgia juga saya coba bikin postingan yang mirip-mirip gitu lah. Mudah-mudahan isinya bisa bermanfaat buat para rekan sekalian,bisa sebagai info ataupun mungkin sebagai referensi.
Semenjak 1993 ninggalin kota Bandung s/d saat ini , banyak perubahan yang terjadi disana. Tapi yang kentara kayanya kok yang negatif ya…??

Mall/pusat perbelanjaan dan FO semakin menjamur diseantero kota yang salah satu konsekuensinya lahan hijau semakin berkurang sehingga cuacapun gak sedingin dulu lagi.Kalo dulu tidur selimutan enak banget, kemarin malah sempet tidur ga pake baju / telanjang dada ( Celana tetep pake jangan parno ya….) saking gerahnya.Masyarakat pribumi banyak yang tersingkir ke pinggiran kota bahkan kabupaten karena lahannya dibangun pusat perbelanjaan , keramaian dan perumahan elit.Yang tersisa disudut-sudut kota hanya masyarakat Pa Kumis ( Padat Kumuh dan Miskin ), termasuk saya didalamnya. Tapi saya pikir mungkin hal ini banyak terjadi juga dikota-kota besar lainnya. Kapan ya Indonesia bisa menjadi negeri yang subur makmur, Gemah Ripah Loh Jinawi bagai Zamrud di Khatulistiwa???Mungkin Rekan-rekan bisa ngasih solusinya….
Kembali ke acara liburan,setelah agenda pokok silaturahmi dan tausyiah, selama liburan kemarin saya coba nyempetin “maen” ke beberapa tempat ( yang menurut saya asyik sich ) untuk menghilangkan rasa penasaran kami ( sekalian nemenin istri juga )
Namun sebelum saya menuliskannya, saya punya beberapa tip yang mudah-mudahan bermanfaat buat para pembaca yang hendak jalan-jalan / hunting di Bandung, sbb :

1. Pastikan bahwa tempat yang akan kita tuju buka / masih buka saat kita sampai kesana.Karena untuk waktu-waktu tertentu seperti libur Lebaran dan sejenisnya biasanya tempat-tempat tersebut tutup / libur. Juga perhatikan jam buka tempat tersebut, sehingga kita bisa memperkirakan waktu keberangakatan / perjalanan kita ( plus antisipasi macet ).Jangan sampai dah jauh-jauh pergi, eh..sampai disana tutup, khan “gondok” :(
2. Kalo cuaca bersahabat ( tidak hujan red ), saya sarankan pake motor.Kalo pake mobil, berarti harus memperhitungkan waktu kemacetan diperjalanan yang sering bikin kesel ( sekarang Bandung dah macet gak kayak dulu lagi ).Kecuali kalo tau jalan-jalan alternatif untuk mensiasati kemacetan ga apa-apa sih ( namun untuk jalan didalam kota tetap aja susah, kalo motor kan masih bisa selempat selempit ( EYD nya apa ya….he..he..)
3. Sebelum berangkat sebisa mungkin susun rencana mengenai tujuan yang akan dikunjungi.kalo perlu searching internet dulu jauh hari sebelumnya untuk mendapatkan informasi yang kita perlukan.
4. Fokus pada apa yang telah kita rencanakan /planning, jangan gampang tergiur hal lainnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misal : Tadinya mo jalan-jalan doang liat pemandangan di Lembang, ditengah jalan malah mampir ke FO akhirnya dana terkuras abis :(
5. Sediakan dana yang cukup ( kalo perlu kaya ngitung anggaran untuk ngebangun rumah alias dilebihkan sekian persen… )
6. De El El

To be Continued alias bersambung man………

No comments:

Post a Comment