Subscribe to my full feed.

Wednesday, November 01, 2006

Oleh-Oleh Ti Bandung 2

Kembali ke Oleh-Oleh Ti Bandung, kali ini saya coba tuliskan hasil “JJS" saya di Bandung ke beberapa tempat yang mungkin bisa bermanfaat buat rekan sekalian.
1.Komputer & Elektronik
Seperti biasa tempat utama ( tentunya setelah yang pokok ) kalo pas ke Bandung saya selalu menyempatkan diri mampir ke tempat-tempat ini ( belakangan seringnya belanja software )
Salman ITB
Buat rekan-rekan yang hoby / interes dengan software komputer tapi dokunya terbatas, mungkin bisa berkunjung kesini.Disini bisa didapatkan berbagai jenis software komputer dengan harga yang sangat murah ( maklum bajakan, sssttt.... jangan bilang siapa2 ya ). Selain tempatnya asri koleksinya cukup lengkap, dari mulai CD game terbaru s/d CD Tutorial ada disini.Tempatnya di samping mesjid Salman ITB, tapi yang jualannya PKL / ngegelar gitu.Kita milihnya sambil duduk/ jongkok di “jojodog “ / bangku kecil. Perlu diingat : CD yang kita beli disini tidak 100% Ok, artinya kadang ada masalah ( terutama yang kumpulan ) tapi ada garansinya kok boleh ditukerin asal jangan kelamaan trus kondisinya masih bagus.
Kandaga Komputer
Kalo disini rekan-rekan bisa dapetin berbagai macam hardware baik new ato second dengan harga miring pula ( bisa tawar menawar coy ).Tempatnya di daerah Cicadas ( sebelum pasar )
Plasa Kosambi
Hampir sama dengan Kandaga, tapi selain hardware bisa juga nyari barang-barang elektronik yang antik/buat modifikasi.Tempatnya masih satu jalur dengan Kandaga ( deket pasar Kosambi )
BEC ( Bandung Electronic Centre )
Di sini rekan bisa dapetin barang elektronik, keperluan komputer dan HP.Harganya standarlah sesuai mall ( lebih mahal dikit dibanding Kandaga ).Tempatnya di jalan Purnawarman / belakang Jalan Merdeka.Baru-baru ini juga malah dibuka BCC ( Bandung Computer Centre ) , tapi belum sempet kesana soalnya baru sih.

2. Buku

  • Pusat Buku Palasari
    Tempat ini masih jadi favorit saya kalo beli buku, selain harganya murah ( diskon 20%- 30%) juga koleksinya cukup komplit, dari mulai buku agama , sekolah s/d komputer tersedia lengkap.Tempatnya di Jl. Palasari, bisa dari arah Kosambi atau Kebon Kelapa
  • Gramedia : Kalo yang ini udah pada tau kali ya ( kecuali untuk kota-kota kecil seperti Cilegon, belum ada). Kacian deh Gw…:(

3. Fashion


Kalo nyari yang OK tapi harganya sebanding ya ke FO aja yang banyak bertebaran di sana, kalo pingin yang agak nyeni ke Distro,tapi kalo pingin yang agak murah bisa ke Pasar Baru ( di daerah Stasiun ).tapi ingat daerah sini biang kemacetan, jadi atur-atur aja biar ga kena macet.Mungkin lebih baik parkirnya agak jauhan aja dari lokasinya ( JJS dikitlah sekalian OR)
Kalo untuk Bahan Kaos/ Kain yang murah ( partai kecil ) bisa dicari di Cigondewah ( daerah Cijerah ).Tapi kalo partai besar mending langsung ke pabrik tekstilnya aja.

Sekalian kalo perlu kacamata ( berbagai jenis ), dari Pasar Baru tinggal nyebrang ke Jl. ABC.Selain harganya miring banget,kualitas dan pelayanannya cepat ( untuk pesanan bisa ditunggu sekitar 15-30 menit ).Sebagai contoh Kacamata ( minus ) dengan Frame Oakley bisa dibeli dengan harga 200 – 300 rb ( katanya kalo diluaran katanya bisa 1 juta lebih ).Selain itu Jl. ABC juga masih termasuk favorit bagi yang pingin beli barang elektronik dengan harga miring

4. Tanaman
Selain bisa didapat dipusat-pusat penjualan tanaman hias seperti di daerah Sokarno Hatta, Tegal Lega, Cilaki dll.Kalo pingin sekalian jalan-jalan liat pemandangan plus menikmati Surabi Bandung atau sekalian mampir ke DT ( Daarut Tauhid ) ya…..ke Cihideung aja.
Tempatnya dari Terminal Ledeng belok kiri yang ke arah Ciateur mungkin sekitar 3 km, nanti disepanjang jalan bisa ditemukan banyak penjual tanaman ( hias , buah dll ).Kalo perlu sekalian terusin ke Kampung Daun ( dah deket kok ) buat makan plus liat pemandangan Bandung dari dataran tinggi ato sekalian aja nginep .Sekedar info, Kampung Daun ini biasa dipake oleh Aa Gym untuk acara Siraman Rohani di TV.
Kalo untuk bingkisan bunga ( buat ucapan bela sungkawa, selamat dll) bisa dibeli di Daerah Wastukencana / Taman Sari dan Palasari, bisa diantar ke tempat tujuan kok ( Jadi inget waktu muda dulu…:D)

5. Makanan

Bandung sekarang terkenal juga dengan wisata kulinernya ( wisata makanan ) Sebenarnya dah banyak yang nulis tentang tempat-tempat makan di Bandung,sebelum mudikpun saya sempat searching diinternet, di blognya Mas Priyadi ada juga postingan tentang ini ( yang ternyata mendapat komen sekitar 50an blogger ), padahal cuma nulis tempat makan ya…???Ato bisa diliat
disini .
Tapi pada postingan ini saya hanya nulis pengalaman “jjs” saya kemarin.

  • Surabi
    Ini termasuk salah satu makanan favorit saya, gak kalah ama pizza ato Dunkin donuts.Tempatnya di daerah Setiabudi-Geger kalong/ sebelum Terminal Ledeng.
    Ada 3 tempat yang letaknya berdekatan yaitu :
    Surabi Imut ( pertama di Bandung ).Contoh menu, harga dan suasana silahkan liat foto.
    Ada tempat makan lesehannya juga lho
    Cafe Beta . Disini harganya emang sedikit lebih mahal ( lihat foto ) dibanding Surabi Imut / toko sebelahnya. Tapi tempatnya lebih luas dan nyaman, juga menunya lebih komplit ( dari Surabi s/d Steak ).
    Surabi ENHAI : Tempatnya dibawah poster iklan rokok / didepan Kampus ENHAI ( Sekolah Perhotelan ).Tempatnya agak terbuka dan lebih leluasa.

    Tempat-tempat tersebut buka dari pukul 3 sorean s/d jam 11 maleman.Sebagai info tambahan kalo lagi rame ( biasanya malam Libur / Minggu ) harap sabar aja karena pesanan bisa diterima setelah 30-45 menit kemudian, saking banyaknya yg pesen.

    Martabak
    Buat yang suka martabak mungkin bisa nyobain Martabak ASIA ( Martabak jepang ) yang juara lomba Martabak tahun 2005. Rasanya macem-macem , harga tergantung porsi dan rasanya antara 15.000 – 25.000
    Ato bisa juga nyobain Martabak SanFransisco ( terkenal juga sih ), tapi kemarin saya gak sempet nyobain yang ini

    Strawberry

    Ada 2 tempat bisa didaerah Cihanjuang ( Cimahi ) ato Ciwidey.Ditempat ini rekan bisa bebas menikmati kebun strawberry plus kalo mau beli tinggal petik dan pilih sendiri aja ( swalayan coy ).Asyik khan...?
    Juga tersedia aneka minuman produk Strawberry.
    Kalo pingin puas mending yang di daerah Ciwidey aja, karena kebunnya lebih banyak, kalo yang di Cihanjuang buahnya Hidroponik ( lebih tahan lama ).

    Mie & Batagor

    Yang ini juga dikenalinnya ama istri, tadinya saya termasuk orang yang ”cuek” kalo masalah makan.Tapi setelah diajak mencicipi ternyata....rasanya emang beda ya.....
    Untuk urusan mie, Mie Akung di Jl. Lodaya mungkin masih yang the best cobain deh.
    Sekedar info : Selama bulan Ramadhan + seminggu setelah Lebaran biasanya tempat ini tutup.
    Kalo untuk Batagor, bisa nyoba Batagor Kingsley di Jl. Veteran / Bungsu.( emang harganya agak mahal karena dah terkenal sih lagian kualitasnya tetap terjaga ).Dulu sih cuek aja padahal deket rumah nih.
    Tapi kalo pingin yang agak murah tapi tetep OK ke Batagor Isan aja di Jl. Moh.Toha ( deket Tegallega ).Istri saya juga sering bawa buat oleh-oleh kalo lagi pas ke Bandung.

    Kue

    Biasanya model makanan gini yang banyak dibawa buat oleh-oleh .

    Brownies
    Kalo Dulu yang terkenal Primarasa ( di Jl. Kemuning ), tapi sekarang kayanya udah tersaingi Brownies Amanda yang pusatnya di Margahayu ( tapi banyak juga dijual ditepi jalan ).Saingan-saingan lainnya biasanya belakangnya pake huruf a juga; Arinda, dll.
    Pisang Molen Kartika Sari
    Banyak juga yang bawa jenis makananan ini untuk oleh-oleh,tapi kalo menurut saya rasanya agak ”giung”/terlalu manis
    Tradisional Khas Bandung
    Ada tempe goreng, pisang sele ,dodol atau makanan tradisional lainnya. Bisa dibeli di Pasar Kosambi atau kalo yang standar di Terminal Leuwipanjang juga banyak ( di luar tempat masuk bis )

    Ya demikian Bu Guru pengalaman saya selama liburan kemarin, semoga info tersebut bisa bermanfaat bagi yang memerlukannya.
    Terima Kasih

    The End alias Tamat

3 comments:

  1. enak banget jalan2 plus kasih infomasi lengkap seputar Bandung

    ReplyDelete
  2. yaaach balik ke cilegonnya gak sekalian bawa sample makanannya :-p

    ReplyDelete
  3. Uhuy! keramean background, tulisannya susah dibaca euy! :D

    ReplyDelete