Subscribe to my full feed.

Monday, June 18, 2007

Bagi-bagi tip part 2

Tips yang kedua adalah service kamera digital Canon hanya dengan dua langkah mudah.

Saya punya kamera digital kesayangan Canon Powershot A60 ( walaupun buat para fotografer kamera jenis ini sangat2 ketinggalan,tapi buat saya tetep it’s the best ).Biasanya untuk lebih “memperindah” hasil akhir dari foto yang dihasilkan saya gunakan sotosop ( lumayanlah kalo tekun hasilnya bisa nyamain kamera pro / DSLR )


Karena kamdig ini termasuk barang andalan sehingga dalam setiap even selalu saya bawa sebagai senjata untuk mengabadikan berbagi moment/even.Masalahnya bermula ketika saya ikutan Outbound ( biasanya jadi instruktur ama temen2 di < href="”www.karpala.co.nr">Karpala ), tapi kali ini saya yang jadi peserta karena termasuk salah satu agenda raker divisi.

Semenjak Outbound dimulai cuaca emang sudah mendung dan ternyata beberapa menit setelah OB dimulai hujan rintik-rintik mengguyur kami yang semakin lama semakin membesar.OBnya lumayan seru dan seperti biasa saya coba mengabadikannya melalui kamdig andalan, tapi supaya lebih leluasa saya minta tolong salah seorang instruktur untuk mengabadikan even ini dengan kamdig andalan.

Prediksi saya mungkin Mas instrukturnya kurang hati-hatai atau mungkin terlalu semangat dalam mengambil gambar sehingga tanpa disadari air hujan yang mengguyur ikut “ mengguyur “ kamdig andalan.Dengan sedikit gugup dia menghampiri saya :
Mas Instruktur : “ Mas kameranya kok ga bisa balik,baterenya habis mungkin..”
Saya : Saya perhatikan sebentar..( Wah...saya dah punya firasat kayanya kemasukan air nih..padahal saya dah pesen ke dia untuk hati-hati jangan samapai terkena air,walaupun sudah dibungkus plastik ternyata....masih kena juga ).” Ya..udah mas nanti saya ganti baterenya....”.Saya bergegas mengambil batere cadangan,setelah diganti kemudian saya coba kameranya,ternyata......layarnya blank sodara-sodara....walaupun lensanya masih bisa bergerakWah...kacau nih.....ya udah resiko.....akhirnya kamdignya saya simpan aja di tas dan tidak bisa digunakan lagi sampai kegiatan berakhir.

Beberapa hari kemudian saya teringat pernah baca artikel yang menulis bahwa untuk beberapa produk kamdig Canon yang CCDnya menggunakan buatan Sony ( salah satunya Canon A60 ) mengalami kesalahan teknis produsennya .Bagi pembeli yang terlanjur membeli produk2 tersebut maka dapat menukarkannya ke Canon begitu juga jika terjadi kerusakan pada CCDnya maka akan diganti/diservis tanpa dipungut biaya alias gratis.

Melalui situs resmi Canon ,saya coba kontak dengan e-mail dan kemudian dapat jawaban persis seperti yang ditulis diartikel itu ( kalo ga slah waktu itu yang menjawab Bpk. Peter ).Canon emang Oke..wah..promosi lagi nih...:D.

Sekarang gimana caranya ngirim ke Jakartanya?Saya pikir2 kalo kesana langsumg jangan-jangan lebih mahal ongkosnya daripada servicenya dan itupun mungkin ga bisa langsung selesai.Akhirnya ketemu juga solusinya...saya minta tolong ama sodara di Jakarta dan pas banget dia juga wartawan jadi sedikit ngerti soal kamera.

Barang saya kirim dengan menggunakan jasa TIKI ( lumayan cuma 15 ribu coy) dan ternyata keesokan harinya dah nyampe ditujuan ( padahal saya bayarnya pake yang biasa aja ( katanya 2-3 hari nyampenya ) bukan paket YES / Yakin Esok Sampai ).Tapi....alhamdulillah kok cepet ya?Nah ini salah satu tip tambahan buat blogger kalo ngirim lewat TIKI pake yang biasa aja...:D.

Setelah dia ke kantor Canon, dari penjelasannya kalo yang rusak lensanya maka saya harus bayar 750ribu untuk servicenya sementara kalo yang rusak CCDnya gratis.Dari situ saya berdoa mudah2an yang rusak emang CCDnya supaya gratis...:D.Dan alhamdulillah setelah menunggu sekitar seminggu kamera saya dah selesai dan tanpa dipungut biaya sepeserpun ( karena emang yang rusak CCDnya ).Canon emang Oke layanan Purna jualnya..gak salah deh saya milih kamdig Canaon...( weleh..promosi lagi nih..ga apa2lah itung2 sebagai rasa terima kasih saya atas pelayanan yang baik bagi purna jualnya ).

Dan akhirnya kamdig andalanpun bisa beraksi kembali sampai beberapa waktu kemarin.Lho kenapa?Ya beberapa waktu setelah itu kadang kamdignya “ ngadat” alias blank lagi .Wah...yang tadinya muji ama Canon akhirnya sedikit kecewa juga karena ternyata hasil servisnya ga optimal.Keselnya pas giliran mau moto,orangnya dah siap beraksi pas mau di shoot..eh...kameranya ngadat...wadow....tengsin nih..Sampai kemarin pas anak mau ikhtifalan, istri nanya gimana kamdignya bisa dipakai ga?Karena penyakit kamdig ini “ kumatan ‘ kadang bagus kadang blank, saya coba kutak-katik dengan harapan semoga pas kebeneran bisa berfungsi.

Pertama saya coba “restart” tombol on off nya,nihil...trus saya putar2 setingan pengambilan gambarnya...nihil juga.Akhirnya pas setingan di bagian landscape,karena kesel saya coba pukul ujungnya ( harapannya seperti di film2 bisa bagus lagi ) dan ternyata….alhamdulillah gambarnya nongol..saya putar ke settingan video...Ok juga.Saya putar ke settingan lainnya ternyata...masih blank sodara2.Tapi saya dah seneng aja,saya pikir ga apa2 lah motonya pake lanscape aja trus videonya juga dah bisa berfungsi.

Tapi saya masih penasaran..kenapa settingan yang lainnya masih blank.Tadinya mo dicoba dipukul lagi tapi..jangan2 malah ngeblank semua lagi....Setelah pikir2..Bismillah...saya pukul lagi aja ujungnya dengan tangan..sekali...masih blank...keduanya agak keras dan......wah.....ada gambarnya tapi masih gak jelas dan yang ketiga saya pukul lagi ternyata.....alhamdulillah kamdignya berfungsi normal kembali sodara2.Akhirnya saya bisa mengabadikan acara ikhtifalan anak di sekolahnya.

Jadi begitu blogger sekalian kalo kamdig anda bermasalah CCDnya,coba dulu dengan dua langkah mudah yaitu pukul dan pukul..he...he.....Siapa tahu malah berhasil....:D.Semoga kamdignya ga ngadat lagi,kalo ngadat lagi ya dicoba dipukul lagi.....:D.Good luck.

Baca selengkapnya......

Bagi-bagi tip part 1

Hanya sekedar berbagi......Bagi blogger yang punya masalah dengan saluran air yang mampet,baik itu saluran air kamar mandi,pembuangan dapur de el el…..saya punya solusinya......sebut saja nama saya tiga kali.....:D( Emang Bento )Sorry becanda.

Saya ingin berbagi pengalaman dalam menangani masalah diatas,semoga bermanfaat.Lihat gambar produk diatas? Sorry bukan bermaksud promosi nih ( suer saya ga punya hubungan apapun dengan produk tersebut kecuali hanya sebagai pengguna ).

Ya...beberapa waktu kemarin saluran pembuangan dari dapur dirumah saya mampet...setiap di siram air yang agak banyak pasti meluber keluar.Saya sudah coba menyodoknya ( maaf EYDnya apa ya ?) dengan menggunakan kawat besi,kabel dan yang terakhir potongan bambu yang lentur, baik dari arah dalam maupun luar dan ternyata hasilnya...nihil sodara-sodara.Karena ternyata saluran airnya mempunyai 2 belokan tajam dan itu mungkin yang membuat alat penyodoknya ga bisa nembus.

Akhirnya untuk beberapa hari terpaksa harus sabar kalo nyuci piring,gelas dan peralatan dapur lainnya.Airnya sih keluar tapi dikiiiiiiiit dan luaamaaaaa. Alhamdulillah tetangga ngasih saran supaya dicoba pake garam dapur kasar yang dijual kiloan di pasar trus di masukin sebanyak 1 kg dan biarkan semalaman.Kalo ternyata masih mampet masukin 1 kg lagi,trus alirkan air yang deras.Dan setelah saya coba ...hasilnya.....Nihil sodara-sodara....( tidak terlihat ada perubahan yang signifikan ).

Saya coba cari dinternet produk ataupun bahan untuk mengatasi masalah tersebut namun saya tidak berhasil menemukannya.Akhirnya pas belanja bulanan di salah satu mall dikota saya,saya menemukan produk tersebut.Merknya SHOCK Anti Sumbat ( Drain opener ).Di aturan pakainya untuk saluran yang tersumbat cukup tuangakn 4-6 sendok makan kemudian isi saluran dengan ½ gelas air dan biarkan 10-15 menit kemudian alirkan air yang deras ke dalam saluran. Ulangi jika masih tersumbat ( disitu ditulis bisa menghancurkan rambut,benang,lemak ,sisa makanan,dan aman untuk segala jenis pipa dan septic tank ).

Wahh...ini dia mungkin solusinya,setelah saya pakai sesuai dengan aturan....alhamdulillah ternyata saluran pembuangan saya lancar kembali.Jadi kalo blogger punya masalah yang sama,coba deh produk itu ( wah.... harusnya saya dibayar produsennya nih karena ikut mempromosikan )


Baca selengkapnya......

Tuesday, June 12, 2007

Indahnya Silaturahmi ( Kopdar dadakan Part 2 )

Sebelumnya mohon maaf mungkin pada beberapa postingan nanti ada beberapa hal yang sebenarnya kejadiannya sudah agak lama tapi baru bisa diposting sekarang2 ini mohon bisa dimaklumi ( alasannya dipostingan2 sebelumnya pernah di tulis ).

Postingan yang ini pun termasuk salah satu diantaranya, semoga tidak membosankan dan ada hikmah yang bisa diambil dari apa yang saya tulis ( seperti judul di header saya : Blog pribadi isinya tentang apa aja yang penting bermanfaat ).

Ngeliat judul diatas agak2 nyontek AA Gym dikit,terus yang di dalam kurungnya sebenarnya nerusin tulisannya Bang MT,tapi dari versi saya.

Sebenarnya dah lama pingin nulis tentang kunjungan dadakan ke kediaman Bang MT,kendala utama kemarin nungguin kirimin foto dari Ali ( karena waktu itu cuma dia yang bawa ) eh...sampai tulisan ini dibuat ga nyampe2,padahal bilangnya mo dikirim lewat email.Akhirnya buat fotonya terpaksa ngopy dari tulisan Bang MT( maaf Bang ngga ijin dulu nih :D ).

Jadi begini nih ceritanya : Kenapa disebut kopdar dadakan,karena ya…memang dadakan ga ada persiapan khusus,sempet sih ngasih “sinyal” lewat shutbox Bang MT kalo jadi rencananya kita mo kondangan ke Padarincang ( ada salah seorang anggota Indico yang menikah trus pulangnya sekalian silaturahmi ke kediaman beliau di komplek Nurul Fikri Anyer.

Idenya pertama di lontarkan Bang Morsas dan ternyata disetujui yang lain.Singkat cerita hari H pun tiba...eng ing eng.....Dengan berkonvoi ris pake sepeda motor kesayangan masing2 kami berangkat dari basecamp pagi ( yang ikut ada sekitar 4 keluarga dan 3 bujang / termasuk ane karena istri lagi ke Bdg :D. ).Rute perjalanan diputuskan lewat Mancak dengan alasan jalanannya sepi/tidak terlalu ramai,tidak berdebu dan adem.Setelah acara kondangan selesai pulangnya sesuai rencana kita mampir ke NF.

Nyampe gerbang NF “dicegat” satpam,dan terjadilah dialog :
Satpam : ” Mau kemana Mas ?”
Saya : ( Sempet bingung juga jawabnya soalnya belum tahu siapa nama MT yang sebenarnya,jangan2 nih satpam gak kenal juaga :D).Akhirnya saya terus terang aja kalo kita kenalnya lewat internetdan tahunya nama MT doang trus saya bilang :
“ kalo rumahnya katanya ( dikasih tahu MT lewat shutbox ) disamping klinik NF,Pak .
Satpam : “Oh……..itu ustad Pras suaminya Bu Dokter”
Kami : ¿¿¿ #....eng…eng….( weleh2…ternyata Bang MT ini seorang ustad ya , istrinya dokter lagi...ga nyangka...salut deh..).” Ya mungkin itu pak…..”
Kami : “ Tempatnya dimana pak ?”
Satpam : “Dari sini lurus terus turun belok kiri, tapi tolong minta identitasnya mas ( maksudnya suruh ninggalin KTP ).”
Kami : ( Setelah pada ningglin KTP )Makasih pak.....dan kami pun meluncur....

Memang kalo melihat penampilan blog dan membaca tulisan2nya mungkin orang gaj nyangka juga kalo Bang MT ini seorang ustad, habis tulisannya gaul juga sih ( sampai2 Bang Morsas bilang Ustad gaul katanya ).Tapi setelah ketemu orangnya trus ngobrol....wah kayanya bener juga Pak satpam ini.

Selain tampilan dan assesoirs blognya yang ok punya,satu hal paling menraik bagi saya adalah kemahiran Bang MT dalam memotret kehidupan sehari-hari baik melalui kameranya ( yang katanya selalu dibawa kemanapun dia pergi ) maupun tulisan2 beliau.Hal-hal yang mungkin untuk sebagian besar orang adalah hal yang biasa/sepele tapi buat Bang MT bisa dijadikan suatu tulisan yang menarik dan mengandung hikmah/pelajaran yang diambil.

Pingin sih seperti Bang MT tapi...kok belum bisa ya??.Contohnya Kemarin sehabis ngambil uang di ATM trus nungguin mobil jemputan dari pada pegel saya jalan2 keluar.Nah...ternyata di trotoar deket bank tersebut ada ibu2 yang jualan koran ( ngegelar ) kayanya dia lapaknya di situ. Wah dalam hati saya mikir kalo ada MT disini pasti ini dah dimuat diblognya.Dan ternyata memang......saya belum bisa seperti Bang MT ( yang minimal harusnya ngobrol buat mengetahui kondisi,wawasan ataupun identitas si ibu sebagai bahan tulisan ).Akhirnya kesempatan itupun berlalu............

Terima kasih Bang MT atas tulisan2nya.Keep writing..keep shooting...keep eating...;D semoga tulisan2nya bisa mengilhami banyak orang dan terima kasih juga atas sambutan dan jlinan persahabatannya.

Jabat Erat

a/n. Sobat2 Indico

Baca selengkapnya......

Friday, June 08, 2007

Proklamasi yang dipertanyakan?

Pernah dengar cerita tentang proklamasi RI?Berikut ada petikan yang mungkin perlu kita pelajari agar bisa meyakini mana sejarah yang benar sehingga bisa membuat kita bertindak tepat.Berikut petikannya:Lahirnya Teks Proklamasi
Firman Alah:
-- WLTNZHR NFS MA QDNT LGHD {S. ALhSYR, 59:18), dibaca: waltanzhur nafsun ma- qaddamat lighadin (s. alhasyr), artinya: Dan wajiblah setiap diri mengkaji masa lalu untuk masa depan.

Sebermula Teks Proklamasi tidak seperti yang dibacakan pada 17 Agustus 1945. Sesungguhnya yang akan dibacakan ialah sebuah konsep Teks Proklamasi yang sekali-gus akan dijadikan Muqaddimah UUD kelak, yang kita kenal sebagai Piagam Jakarta. Itulah sebabnya maka Piagam Jakarta hampir identik dengan Pembukaan UUD-1945, yang perbedaannya hanya terletak dalam dua hal seperti yang akan dijelaskan di bawah. Disebut dengan Piagam Jakarta, karena Muqaddimah UUD yang akan dibacakan dalam maklumat kemerdekaan Indonesia, adalah sebuah piagam yang dibuat di Jakarta pada 22 Juni 1945 oleh Panitia Sembilan yang terdiri dari sembilan orang, yaitu: Ir Soekarno sebagai ketua merangkap anggota, Drs.Moh Hatta, Mr AA Maramis, KH Wahid Hasyim, Abd.Kahar Moedzakkir, Abikoesno Tjokrosoejoso, H.Agoes Salim, Mr Ahmad Soebardjo, Mr Moh.Yamin.

Piagam Jakarta yang dipersiapkan untuk dibacakan dalam maklumat kemerdekaan Indonesia urung dilaksanakan, karena sejarah berkata lain. Bung Karno dan Bung Hatta pada 15 Agustus 1945 larut malam diciduk oleh pemuda yang beraliran ideologi marxisme (Murba) ke Rengas Dengklok dan di sana didesak untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Atas jaminan Mr Ahmad Soebardjo kedua pemimpin itu dikembalikan ke Jakarta pada malam 16 Agustus 1945 dengan janji akan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada pagi-pagi keesokan harinya 17 Agustus 1945. Karena naskah Piagam Jakarta tidak ditemukan malam itu, berhubung keberangkatan yang tergesa-gesa karena diciduk pada larut malam 15 Agustus itu, maka dibuatlah teks proklamasi berdasarkan ingatan alinea ketiga Piagam Jakarta. Sehingga diambillah bagian kalimat terakhir dari alinea ketiga Piagam Jakarta: rakyat Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaannya. Kata "rakyat Indonesia" diganti dengan "kami bangsa Indonesia" dan kata ganti nya diganti dengan Indonesia. Inilah yang dijadikan bagian pertama dari teks proklamasi. Bung Hatta kemudian mengusulkan tambahan untuk menegaskan status hukum peralihan kekuasaan dan itulah yang menjadi bagian kedua dari teks proklamasi: Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Teks itulah yang dibacakan pada 17 Agustus 1945 jam 10.00 pagi.

Pada 18 Agustus 1945 dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), dibahaslah Piagam Jakarta yang dipersiapkan untuk menjadi Muqaddimah Undang-Undang Dasar itu. Seperti diketahui pada 17 Agustus 1945 petang hari seorang Kaigun datang menyampaikan kepada Bung Hatta, bahwa bagian timur Indonesia tidak ikut membela RI yang baru diproklamasikan itu jika ke-7 kata dalam alinea ke-4 itu tidak dicoret. Maka dalam sidang PPKI tersebut dicoretlah ke-7 kata: dengan kewajiban menjalankan Syari'at Islam bagi pemeluk-pemeluknya, kemudian diganti dengan 3 kata: Yang Maha Esa, maka Piagam Jakarta itu disahkanlah sebagai Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dengan dua perubahan: Muqaddimah diganti dengan Pembukaan dan Ketuhanan dengan Kewajiban Menjalankan Syari'at Islam bagi Pemeluk-pemeluknya diganti dengan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Personel Kaigun ini perlu pembahasan. Pada waktu pendudukan Jepang di Kawasan Timur Indonesia diduduki oleh Kaigun, yaitu pasukan Angkatan Laut, sedangkan Jawa-Sumatera diduduki oleh Rikugun, yaitu pasukan Angkatan Darat Jepang. Tentera Jepang tidak mempunyai khusus Angkatan Udara, jadi masing-masing angkatan itu mempunyai pasukan udara masing-masing. Bahwa kemerdekaan Indonesia akan diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 barulah diketahui oleh kelompok kecil yang ada di Rengas Dengklok pada 16 Agustus 1945 malam hari. Jadi kemerdekaan Indonesia baru diketahui merata di seluruh Indonesia, ialah pada 17 Agustus 1945 itulah. Dan pada 17 Agustus 1945 petang hari itu juga sudah ada Kaigun di Jakarta yang membawa aspirasi dari kawasan Indonesia bagian timur untuk mencoret ke-7 kata itu. Proses mengumpulkan aspirasi pada 17 Agustus 1945 di kawasan yang begitu luas, yang pada waktu itu alat komunikasi dan transportasi tidak secanggih sekarang dan cepatnya anggota Kaigun itu tiba di Jakarta pada 17 Agustus 1945 petang hari. Ini yang perlu dipertanyakan, sebab ada kemungkinan personel Kaigun itu adalah Kaigun gadungan dan aspirasi yang disampaikannya hasil rekayasa politik. Pekerjaan rumah bagi para peneliti sejarah! ( Dari sumber penelitian untuk bahan desertasi doktor seorang mahasiswa di UI menyebutkan bahwa tidak ditemukan data tentang kejadian ini,baca Majalah Hidyatullah edisi ...... 2007,maaf saya lupa bulannya )

Karena bukan Piagam Jakarta yang dibaca secara keseluruhan pada waktu proklamasi kemerdekaan, maka berakibat dua hal: Pertama, Republik Indonesia diproklamasikan tanpa Muqaddimah Undang-Undang Dasar, sehingga terjadi kevakuman konstitusi selama satu hari, karena UUD baru disahkan pada 18 Agusutus 1945 dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Kedua, terbuka kesempatan untuk mencoret Syari'at Islam, sebab jika Piagam Jakarta yang dibacakan sebagai teks proklamasi, maka itu sudah sah sebagai Muqaddimah UUD, merupakan ketetapan yang "eenmalig", teks proklamasi tidak dapat diubah lagi, sehingga PPKI tidak berhak mencoret sepatah katapun, dan yang dibicarakan dalam sidang PPKI hanyalah fasal-fasalnya saja.

Pencoretan Syari'at Islam dibayar dengan harga mahal. Ummat Islam yang "sadar politik" dengan ideologi Islam yang "beraliran keras" mengadakan perlawanan bersenjata. Itulah latar belakang timbulnya Darul Islam dengan angkatan perangnya, Tentara Islam Indonesia (DI/TII). Perlawanan DI/TII itu berlangsung bertahun-tahun. Di Aceh dipimpin oleh Tengku Daud Beureueh, di Jawa Barat dipimpin oleh Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo, di Kalimantan Selatan dipimpin oleh Ibnu Hajar dan di Sulawesi Selatan dipimpin oleh Abdul Qahhar Mudzakkar. Wallahu a'lamu bisshawab.

*** Makassar, 17 Agustus 2003 [H.Muh.Nur Abdurrahman]

Baca selengkapnya......

Global warming

Mungkin kita pernah mendengar judul diatas tapi rasanya tidak semua orang tahu apa sebenarnya global warming itu?Sehubungan dengan global warming itu apa yang harus kita lakukan ? Tlg baca sampai selesai ya.Nah berikut beberapa artikel sebagai intro penjelasan ( artikel lainnya buanyak di internet..cari aja ya...)
Jakarta Terancam Pemanasan Global
Rabu, 28 Maret 2007 | 09:18 WIB
TEMPO Interaktif, LONDON:
Lebih dari dua per tiga kota-kota besar di dunia akan terkena dampak pemanasan global. Salah satunya adalah Jakarta. Inilah hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Environment and Urbanization hari ini.

Jakarta adalah satu dari 180 kota di dunia yang 70 persen wilayahnya berada di kawasan pantai berelevasi rendah yang terancam oleh naiknya permukaan laut akibat pemanasan global itu. Kota lainnya antara lain Tokyo, New York, Mumbai di India, Shanghai, dan Dhaka.

Penelitian itu memang tak menyebutkan kapan permukaan laut akan naik atau membanjiri kota-kota pantai tersebut. Namun disebutkan bahwa solusi untuk memecahkan persoalan itu amatlah mahal karena harus merelokasi banyak orang dan menciptakan struktur bangunan yang bisa melindungi diri dari bencana.

“Migrasi dari zona yang berbahaya itu sangat diperlukan namun menyita biaya dan sulit dilakukan, jadi permukiman di kawasan pantai sebaiknya dimodifikasi untuk melindungi penduduknya,” kata Gordon McGranahan dari International Institut Lingkungan dan Pembangunan Internasional di London. Dia adalah penulis hasil penelitian tersebut.

Sebelumnya Panel Antarpemerintahan untuk Perubahan Iklim telah menyebutkan bahwa kawasan pantai akan terkena dampak paling buruk dari pemanasan global. Laporan mereka menyebutkan pada 2080 lebih dari 100 juta manusia akan terkena bencana banjir tiap tahun.

Bahkan pada 2090 mereka meramalkan terjadinya air bah raksasa di Amerika Utara. “Bisa berulang tiga sampai empat tahun sekali,” demikian laporan itu.

Pada Februari Panel itu telah memperingatkan bahwa permukaan air laut meningkat tujuh -23 inci di akhir abad yang lalu dan mengancam kawasan pantai dan menimbulkan badai dan angin topan. Asia adalah kawasan paling berbahaya. Lima negara yang terancam adalah Cina, India, Bangladesh, Vietnam, dan Indonesia.
Artikel lain :
Selama 100 tahun terakhir, rata-rata suhu bumi telah meningkat sebesar 0,6 derajat Celcius, dan diperkirakan akan meningkat sebesar 1,4 sampai 5,8 derajat Celcius pada 2050. Kenaikan suhu ini, akan mengakibatkan mencairnya es di kutub, menaikkan suhu lautan hingga volume dan muka air laut meningkat.

"Penyebab utama pemanasan bumi ini adalah pembakaran bahan bakar fosil terutama batu bara, minyak bumi, dan gas alam yang melepas karbondioksida (Co2) dan gas-gas lainnya yang disebut sebagai gas rumah kaca ke atmosfer bumi," katanya.

Akibat langsung dari adanya pemanasan global itu, seperti, perubahan cuaca dan iklim global, sistem pertanian dan persediaan bahan makanan, migrasi hewan dan penurunan jumlah spesies hewan dan tumbuhan. Selanjutnya, krisis sumber daya air yang mempunyai potensi untuk terjadinya konflik antar sektor dan antar pengguna.

"Dampak lainnya terhadap kesehatan manusia dengan munculnya berbagai penyakit hewan dan manusia," katanya.

Pengendalian yang dapat dilakukan terhadap pemanasan global itu, antara lain mengurangi produksi gas Co2 dengan mengurangi pemanfaatan bahan bakar fosil dan produksi gas rumah kaca. Namun hal ini sulit dilakukan karena negara-negara industri terutama AS tidak bersedia mengurangi produksinya.

Kemudian, menekan atau menghentikan penggundulan hutan, serta penghutanan kembali secara besar-besaran untuk menciptakan wilayah serapan gas Co2. Serta melokalisasi gas Co2 atau dengan menangkap dan menyuntikkannya ke dalam sumur-sumur minyak bumi untuk mendorong minyak bumi ke permukaan.

"Teknologi sudah bisa digunakan mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dan "renewable"," katanya.

Sedangkan Kepala Direktorat Lingkungan Hidup Departemen Luar Negeri (Deplu), Dewi Savitri Wahab, mengatakan, Rio Summit 1992 dan Protokol Kyoto 1997, telah menyebutkan adanya pengurangan emisi dari negara-negara maju. Negara Eropa diminta untuk mengurangi delapan persen penggunan emisi, AS tujuh persen dan Jepang enam persen.(*)

Nah...sekarang apa yang bisa kita lakukan,salah satunya Cara yang paling gampang dengan menanam pohon, atau dengan cara dibawah ini :

No : 01/KWB/LLA/IV/2007
Hal : Proposal bantuan dana

Kepada Yth.

Seluruh elemen masyarakat
( Yang peduli terhadap alam / lingkungan )
Di
Tempat


Dengan Hormat,

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah swt atas segala rahmat dan kurniaNya yang diberikan pada kita semua.

Isu pemanasan global yang telah mendapat sorotan dari berbagai pihak patut untuk kita sikapi dengan baik. Sebagai akibat dari kerusakan alam yang sebagian besar diakibatkan oleh ulah tangan manusia sendiri maka dampak negatifnya akan dirasakan oleh umat manusia di muka bumi ini.

Pemanasan global akan diikuti oleh perubahan iklim,seperti meningkatnya curah hujan dibeberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi.Sebagian dibelahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan kenaikan suhu.Jika hal ini kita biarkan terus menerus maka sudah pasti dampak negatifnya akan kita rasakan segera.

Karpala Wana Baja sebagai wadah Karyawan Pecinta Alam PT Krakatau Steel Grup, berusaha semaksimal mungkin mengurangi dampak negatif tersebut yaitu dengan selalu mengajak masyarakat mencintai dan memelihara lingkungan.Salah satu kegiatan dalam rangka tersebut yang saat ini akan kami laksanakan yaitu Lomba Lintas Alam Karpala Wanabaja 2007.

Dengan proposal ini kami ingin mengajak Bapak/ibu sekalian untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan dan kerusakan alam ini salah satunya dengan ikut mensukseskan acara Lomba Lintas Alam ini .Diharapkan dengan suksesnya acara tersebut sedikitnya bisa menanamkan rasa mencintai alam / lingkungan pada masyarakat. Oleh karena itu dengan ini kami mengajukan proposal bantuan dana kepada Bapak/Ibu guna terselenggaranya acara tersebut.

Cilegon, 6 Juni 2007

H.Dadan.Hamdani
Ketua Umum

Hayo..siapa yang mau nyumbang?Kontak aja ke 085215192721

Baca selengkapnya......