Subscribe to my full feed.

Monday, June 18, 2007

Bagi-bagi tip part 2

Tips yang kedua adalah service kamera digital Canon hanya dengan dua langkah mudah.

Saya punya kamera digital kesayangan Canon Powershot A60 ( walaupun buat para fotografer kamera jenis ini sangat2 ketinggalan,tapi buat saya tetep it’s the best ).Biasanya untuk lebih “memperindah” hasil akhir dari foto yang dihasilkan saya gunakan sotosop ( lumayanlah kalo tekun hasilnya bisa nyamain kamera pro / DSLR )


Karena kamdig ini termasuk barang andalan sehingga dalam setiap even selalu saya bawa sebagai senjata untuk mengabadikan berbagi moment/even.Masalahnya bermula ketika saya ikutan Outbound ( biasanya jadi instruktur ama temen2 di < href="”www.karpala.co.nr">Karpala ), tapi kali ini saya yang jadi peserta karena termasuk salah satu agenda raker divisi.

Semenjak Outbound dimulai cuaca emang sudah mendung dan ternyata beberapa menit setelah OB dimulai hujan rintik-rintik mengguyur kami yang semakin lama semakin membesar.OBnya lumayan seru dan seperti biasa saya coba mengabadikannya melalui kamdig andalan, tapi supaya lebih leluasa saya minta tolong salah seorang instruktur untuk mengabadikan even ini dengan kamdig andalan.

Prediksi saya mungkin Mas instrukturnya kurang hati-hatai atau mungkin terlalu semangat dalam mengambil gambar sehingga tanpa disadari air hujan yang mengguyur ikut “ mengguyur “ kamdig andalan.Dengan sedikit gugup dia menghampiri saya :
Mas Instruktur : “ Mas kameranya kok ga bisa balik,baterenya habis mungkin..”
Saya : Saya perhatikan sebentar..( Wah...saya dah punya firasat kayanya kemasukan air nih..padahal saya dah pesen ke dia untuk hati-hati jangan samapai terkena air,walaupun sudah dibungkus plastik ternyata....masih kena juga ).” Ya..udah mas nanti saya ganti baterenya....”.Saya bergegas mengambil batere cadangan,setelah diganti kemudian saya coba kameranya,ternyata......layarnya blank sodara-sodara....walaupun lensanya masih bisa bergerakWah...kacau nih.....ya udah resiko.....akhirnya kamdignya saya simpan aja di tas dan tidak bisa digunakan lagi sampai kegiatan berakhir.

Beberapa hari kemudian saya teringat pernah baca artikel yang menulis bahwa untuk beberapa produk kamdig Canon yang CCDnya menggunakan buatan Sony ( salah satunya Canon A60 ) mengalami kesalahan teknis produsennya .Bagi pembeli yang terlanjur membeli produk2 tersebut maka dapat menukarkannya ke Canon begitu juga jika terjadi kerusakan pada CCDnya maka akan diganti/diservis tanpa dipungut biaya alias gratis.

Melalui situs resmi Canon ,saya coba kontak dengan e-mail dan kemudian dapat jawaban persis seperti yang ditulis diartikel itu ( kalo ga slah waktu itu yang menjawab Bpk. Peter ).Canon emang Oke..wah..promosi lagi nih...:D.

Sekarang gimana caranya ngirim ke Jakartanya?Saya pikir2 kalo kesana langsumg jangan-jangan lebih mahal ongkosnya daripada servicenya dan itupun mungkin ga bisa langsung selesai.Akhirnya ketemu juga solusinya...saya minta tolong ama sodara di Jakarta dan pas banget dia juga wartawan jadi sedikit ngerti soal kamera.

Barang saya kirim dengan menggunakan jasa TIKI ( lumayan cuma 15 ribu coy) dan ternyata keesokan harinya dah nyampe ditujuan ( padahal saya bayarnya pake yang biasa aja ( katanya 2-3 hari nyampenya ) bukan paket YES / Yakin Esok Sampai ).Tapi....alhamdulillah kok cepet ya?Nah ini salah satu tip tambahan buat blogger kalo ngirim lewat TIKI pake yang biasa aja...:D.

Setelah dia ke kantor Canon, dari penjelasannya kalo yang rusak lensanya maka saya harus bayar 750ribu untuk servicenya sementara kalo yang rusak CCDnya gratis.Dari situ saya berdoa mudah2an yang rusak emang CCDnya supaya gratis...:D.Dan alhamdulillah setelah menunggu sekitar seminggu kamera saya dah selesai dan tanpa dipungut biaya sepeserpun ( karena emang yang rusak CCDnya ).Canon emang Oke layanan Purna jualnya..gak salah deh saya milih kamdig Canaon...( weleh..promosi lagi nih..ga apa2lah itung2 sebagai rasa terima kasih saya atas pelayanan yang baik bagi purna jualnya ).

Dan akhirnya kamdig andalanpun bisa beraksi kembali sampai beberapa waktu kemarin.Lho kenapa?Ya beberapa waktu setelah itu kadang kamdignya “ ngadat” alias blank lagi .Wah...yang tadinya muji ama Canon akhirnya sedikit kecewa juga karena ternyata hasil servisnya ga optimal.Keselnya pas giliran mau moto,orangnya dah siap beraksi pas mau di shoot..eh...kameranya ngadat...wadow....tengsin nih..Sampai kemarin pas anak mau ikhtifalan, istri nanya gimana kamdignya bisa dipakai ga?Karena penyakit kamdig ini “ kumatan ‘ kadang bagus kadang blank, saya coba kutak-katik dengan harapan semoga pas kebeneran bisa berfungsi.

Pertama saya coba “restart” tombol on off nya,nihil...trus saya putar2 setingan pengambilan gambarnya...nihil juga.Akhirnya pas setingan di bagian landscape,karena kesel saya coba pukul ujungnya ( harapannya seperti di film2 bisa bagus lagi ) dan ternyata….alhamdulillah gambarnya nongol..saya putar ke settingan video...Ok juga.Saya putar ke settingan lainnya ternyata...masih blank sodara2.Tapi saya dah seneng aja,saya pikir ga apa2 lah motonya pake lanscape aja trus videonya juga dah bisa berfungsi.

Tapi saya masih penasaran..kenapa settingan yang lainnya masih blank.Tadinya mo dicoba dipukul lagi tapi..jangan2 malah ngeblank semua lagi....Setelah pikir2..Bismillah...saya pukul lagi aja ujungnya dengan tangan..sekali...masih blank...keduanya agak keras dan......wah.....ada gambarnya tapi masih gak jelas dan yang ketiga saya pukul lagi ternyata.....alhamdulillah kamdignya berfungsi normal kembali sodara2.Akhirnya saya bisa mengabadikan acara ikhtifalan anak di sekolahnya.

Jadi begitu blogger sekalian kalo kamdig anda bermasalah CCDnya,coba dulu dengan dua langkah mudah yaitu pukul dan pukul..he...he.....Siapa tahu malah berhasil....:D.Semoga kamdignya ga ngadat lagi,kalo ngadat lagi ya dicoba dipukul lagi.....:D.Good luck.

No comments:

Post a Comment