Subscribe to my full feed.

Friday, June 08, 2007

Global warming

Mungkin kita pernah mendengar judul diatas tapi rasanya tidak semua orang tahu apa sebenarnya global warming itu?Sehubungan dengan global warming itu apa yang harus kita lakukan ? Tlg baca sampai selesai ya.Nah berikut beberapa artikel sebagai intro penjelasan ( artikel lainnya buanyak di internet..cari aja ya...)
Jakarta Terancam Pemanasan Global
Rabu, 28 Maret 2007 | 09:18 WIB
TEMPO Interaktif, LONDON:
Lebih dari dua per tiga kota-kota besar di dunia akan terkena dampak pemanasan global. Salah satunya adalah Jakarta. Inilah hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Environment and Urbanization hari ini.

Jakarta adalah satu dari 180 kota di dunia yang 70 persen wilayahnya berada di kawasan pantai berelevasi rendah yang terancam oleh naiknya permukaan laut akibat pemanasan global itu. Kota lainnya antara lain Tokyo, New York, Mumbai di India, Shanghai, dan Dhaka.

Penelitian itu memang tak menyebutkan kapan permukaan laut akan naik atau membanjiri kota-kota pantai tersebut. Namun disebutkan bahwa solusi untuk memecahkan persoalan itu amatlah mahal karena harus merelokasi banyak orang dan menciptakan struktur bangunan yang bisa melindungi diri dari bencana.

“Migrasi dari zona yang berbahaya itu sangat diperlukan namun menyita biaya dan sulit dilakukan, jadi permukiman di kawasan pantai sebaiknya dimodifikasi untuk melindungi penduduknya,” kata Gordon McGranahan dari International Institut Lingkungan dan Pembangunan Internasional di London. Dia adalah penulis hasil penelitian tersebut.

Sebelumnya Panel Antarpemerintahan untuk Perubahan Iklim telah menyebutkan bahwa kawasan pantai akan terkena dampak paling buruk dari pemanasan global. Laporan mereka menyebutkan pada 2080 lebih dari 100 juta manusia akan terkena bencana banjir tiap tahun.

Bahkan pada 2090 mereka meramalkan terjadinya air bah raksasa di Amerika Utara. “Bisa berulang tiga sampai empat tahun sekali,” demikian laporan itu.

Pada Februari Panel itu telah memperingatkan bahwa permukaan air laut meningkat tujuh -23 inci di akhir abad yang lalu dan mengancam kawasan pantai dan menimbulkan badai dan angin topan. Asia adalah kawasan paling berbahaya. Lima negara yang terancam adalah Cina, India, Bangladesh, Vietnam, dan Indonesia.
Artikel lain :
Selama 100 tahun terakhir, rata-rata suhu bumi telah meningkat sebesar 0,6 derajat Celcius, dan diperkirakan akan meningkat sebesar 1,4 sampai 5,8 derajat Celcius pada 2050. Kenaikan suhu ini, akan mengakibatkan mencairnya es di kutub, menaikkan suhu lautan hingga volume dan muka air laut meningkat.

"Penyebab utama pemanasan bumi ini adalah pembakaran bahan bakar fosil terutama batu bara, minyak bumi, dan gas alam yang melepas karbondioksida (Co2) dan gas-gas lainnya yang disebut sebagai gas rumah kaca ke atmosfer bumi," katanya.

Akibat langsung dari adanya pemanasan global itu, seperti, perubahan cuaca dan iklim global, sistem pertanian dan persediaan bahan makanan, migrasi hewan dan penurunan jumlah spesies hewan dan tumbuhan. Selanjutnya, krisis sumber daya air yang mempunyai potensi untuk terjadinya konflik antar sektor dan antar pengguna.

"Dampak lainnya terhadap kesehatan manusia dengan munculnya berbagai penyakit hewan dan manusia," katanya.

Pengendalian yang dapat dilakukan terhadap pemanasan global itu, antara lain mengurangi produksi gas Co2 dengan mengurangi pemanfaatan bahan bakar fosil dan produksi gas rumah kaca. Namun hal ini sulit dilakukan karena negara-negara industri terutama AS tidak bersedia mengurangi produksinya.

Kemudian, menekan atau menghentikan penggundulan hutan, serta penghutanan kembali secara besar-besaran untuk menciptakan wilayah serapan gas Co2. Serta melokalisasi gas Co2 atau dengan menangkap dan menyuntikkannya ke dalam sumur-sumur minyak bumi untuk mendorong minyak bumi ke permukaan.

"Teknologi sudah bisa digunakan mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dan "renewable"," katanya.

Sedangkan Kepala Direktorat Lingkungan Hidup Departemen Luar Negeri (Deplu), Dewi Savitri Wahab, mengatakan, Rio Summit 1992 dan Protokol Kyoto 1997, telah menyebutkan adanya pengurangan emisi dari negara-negara maju. Negara Eropa diminta untuk mengurangi delapan persen penggunan emisi, AS tujuh persen dan Jepang enam persen.(*)

Nah...sekarang apa yang bisa kita lakukan,salah satunya Cara yang paling gampang dengan menanam pohon, atau dengan cara dibawah ini :

No : 01/KWB/LLA/IV/2007
Hal : Proposal bantuan dana

Kepada Yth.

Seluruh elemen masyarakat
( Yang peduli terhadap alam / lingkungan )
Di
Tempat


Dengan Hormat,

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah swt atas segala rahmat dan kurniaNya yang diberikan pada kita semua.

Isu pemanasan global yang telah mendapat sorotan dari berbagai pihak patut untuk kita sikapi dengan baik. Sebagai akibat dari kerusakan alam yang sebagian besar diakibatkan oleh ulah tangan manusia sendiri maka dampak negatifnya akan dirasakan oleh umat manusia di muka bumi ini.

Pemanasan global akan diikuti oleh perubahan iklim,seperti meningkatnya curah hujan dibeberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi.Sebagian dibelahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan kenaikan suhu.Jika hal ini kita biarkan terus menerus maka sudah pasti dampak negatifnya akan kita rasakan segera.

Karpala Wana Baja sebagai wadah Karyawan Pecinta Alam PT Krakatau Steel Grup, berusaha semaksimal mungkin mengurangi dampak negatif tersebut yaitu dengan selalu mengajak masyarakat mencintai dan memelihara lingkungan.Salah satu kegiatan dalam rangka tersebut yang saat ini akan kami laksanakan yaitu Lomba Lintas Alam Karpala Wanabaja 2007.

Dengan proposal ini kami ingin mengajak Bapak/ibu sekalian untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan dan kerusakan alam ini salah satunya dengan ikut mensukseskan acara Lomba Lintas Alam ini .Diharapkan dengan suksesnya acara tersebut sedikitnya bisa menanamkan rasa mencintai alam / lingkungan pada masyarakat. Oleh karena itu dengan ini kami mengajukan proposal bantuan dana kepada Bapak/Ibu guna terselenggaranya acara tersebut.

Cilegon, 6 Juni 2007

H.Dadan.Hamdani
Ketua Umum

Hayo..siapa yang mau nyumbang?Kontak aja ke 085215192721

3 comments:

  1. Semoga pemerintah dapat lebih memperhatikan lingkungan.

    ReplyDelete
  2. Ass..
    Bukan hanya tugas pemerintah, ini adalah masalah bersama dan solusinya pun di cari bersama. mulai lah dari diri sendiri menjadi polisi bagi lingkungan sekitar. tidak adil jika generasi penerus nanti tidak merasakan kenyamanan untuk sekedar menghirup udara segar..

    ReplyDelete
  3. ngga usah nunggu pemerintah, ngga usah nunggu siapa2,ngga ada gunanya saling menunggu, karena akan selalu begitu jadinya, mulailah dari hal yang paling kecil yang sederhana di sekitar kita,sadari kalo bumi udah sakit parah dan benahi cara dan pola hidup kita tentang lingkungan, sedikit usaha lebih baik daripada diam!! STOP GLOBAL WARMING....SAVE OUR EARTH....

    ReplyDelete