Subscribe to my full feed.

Wednesday, September 05, 2007

Rahasia tidur dan sholat tahajud

Umumnya orang beranggapan bahwa tidur malam yang baik memerlukan waktu sekitar enam hingga delapan jam sehari. Tetapi ketahuilah bahwasanya pendapat ini ditentang oleh para saintis Barat seperti Dr Ray Meddis, seorang profesor di Department of Human Sciences, England University of Technology yang mengatakan bahwa manusia sebenarnya hanya perlu tidur malam selama TIGA JAM .

Waktu tidur bisa dibagi kedalam dua bagian yaitu tidur ayam dan tidur lelap. Mimpi biasanya terjadi pada tidur lelap (deep sleep). Manusia perlu berlatih untuk bisa tidur lelap karena tidur ayam adalah masa berangan-angan yang sebenarnya hanya membuang waktu saja. Tidur yang sebenarnya ialah ketika tidur lelap dengan mengacu pada kajian saintis Barat yaitu cukup selama TIGA JAM.

Kita merasakan bahwa tidur malam kita selalu tidak cukup. Ini disebabkan karena kita tidak terlatih atau mengikuti aturan yang benar ketika kita tidur. Apabila seseorang atlit (Atlet lari,misalnya) ketika hendak mengikuti lomba lari maka dia akan berlatih mungkin sekitar setahun sebelum perlombaan itu dimulai. Dengan demikian dia berharap bisa menjadi juara. Demikian juga dengan kita, harus melatih diri kita tidur sesuai aturan yang baik

Menurut kajian ahli pengobatan Barat, Sebelum kita pergi tidur, pertama-tama kita akan merasa mengantuk (drowsiness) di mana suhu badan kita akan menurun. Dengan mengatur waktu tidur dan menggunakan termometer kita bisa melatih diri kita untuk tidur bila perlu. Tidur yang teratur dapat mengefektifkan waktu kita terutama untuk beribadah di malam hari serta untuk mengerjakan hal lainnya. Di dalam Al-Quran disebutkan ada segolongan manusia yang masuk syurga karena ibadah malamnya dan kurang tidur malam.

Firman Allah dalam Al-Quran yang bermaksud : "Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa ada di dalam syurga dan dekat dengan air yang mengalir. Sambil mengambil apa yang diberi oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum ini di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah." ( Surah az-Zariat ayat 15-18 )

Rasulullah S.A.W. telah memberikan contoh yang baik bagaimana tidur yang benar lengkap dengan doa-doanya. Sebagai ringakasan mungkin kita bisa latihan untuk tidur malam seperti :

1. Makan malam sedikit saja cukup sekedar supaya tidak lapar. Jika kita makan malam yang banyak maka akan menyebabkan kita cepat mengantuk dan susah bangun dari tidur
2. Tunaikan solat Isya' sebelum tidur.
3. Bersihkan tempat tidur seperti seprei, bantal,kasur dan lain-lain dari kotoran.
4. Amalkan doa-doa sebelum dan sesudah tidur seperti yang diajarkan Rasulullah S.A.W.
5. Kurangi waktu tidur dari delapan jam sehari menjadi tujuh jam sehari untuk bulan pertama latihan; pada bulan kedua kurangi waktu tidur malam menjadi enam jam sehari, seterusnya pada bulan ketiga menjadi lima jam sehingga kita bisa tidur untuk waktu tiga jam saja.

Cara bangun tidur juga ada hal perlu diikuti untuk menjaga kesehatan dan menghindarkan diri dari pelbagai penyakit. Umpamanya kita yang suka bangun tidur terus langsung melompat dari tidurnya maka beresiko terkene penyakit jantung dan bisa menyebabkan meninggal. Demikian menurut pendapat seorang doktor dari China - Dr Huang Guoxiong dari Badan Pengobatan Lioning.


PENDAPAT AHLI SASTRA BARAT

Ada juga ahli sastra barat yang menceritakan mengenai pentingnya mengurangi tidur untuk mencapai kinerja yang baik. Bila ditanya apakah rahasia kesuksesan mereka? Mereka menjawab: " The woods are lovely, dark and deep but I have promises to keep and miles to go before I sleep." Maksudnya " Taman itu indah, gelap dan tebal tetapi saya mempunyai aturan yang harus dilaksanakan terlebih dahulu sebelum saya tidur."
"The heights by great men reached and kept were not attained by sudden fight. But while their companions sleep were toiling upwards in the night." - Longfellow Maksudnya " Pencapaian kerja yang tinggi oleh orang-orang ternama/sukses tidak didapati serta merta tetapi mereka bekerja keras sehingga larut malam pada waktu teman-temannya/yang lain sedang nyenyak tidur." Ini jelas menunjukkan mereka meminimalkan waktu tidur untuk mencapai kesuksesan dalam hidup mereka.


RAHASIA SHOLAT TAHAJUD

Sekarang kita kembali kepada perbincangan tentang sholat tahajud. Apakah kebaikan dan kelebihan yang kita peroleh dari mengerjakan sholat tahajud sementara yang lain sedang nyenyak tidur.

Dari sisi logis, mungkin kita tidak mengerti bahwa perintah Allah itu mendatangkan kebaikan.Bahkan pernah waktu di sekolah,ada temen yang nanya ke guru agama,”Bu kalau melaksanakan sholat tahajud apa kita nantiunya nggak masuk nagin?”( he..he...pertanyaan bodoh bukan?)

Sesungguhnya Sholat tahajud meneguhkan iman kita, jiwa kita, mental kita untuk menghadapi masalah hidup duniawi dan lain-lain .
Kemudian dari sisi sains pengobatan, kita akan menyedot oksigen di atmosfera bumi sekitar jam tiga pagi hingga terbit matahari dan menggerakkan otot-otot di dalam badan kita yang akan menyegarkan badan dan melancarkan aliran darah ditubuh kita.
Kedua hal tersebut, yaitu oksigen dan gerakan otot sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Oksigen akan hilang dari atmosfera bumi selepas matahari terbit dan tidak datang lagi sampai besok pagi. Hanya manusia yang bangun pada waktu ini yang dapat menikmati oksigen tersebut.

Coba kita kaji pergerakan otot-otot kita ketika sholat.Secara kasar, pertama kita berdiri tegak (qiyam) kemudian mengangkat kedua tangan bertakbir dan meletakkan tangan di atas dada - kita telah membesarkan rongga dada kita sehingga paru-paru akan terasa lapang serta menggerakkan otot di kedua belah tangan.
Ketika ruku' dengan badan membungkuk ke depan dan kedua tangan di atas kepala lutut dan punggung mendatar (parallel to the ground) sekaligus menggerakkan ruas-ruas tulang punggung, tulang leher, tulang pinggang dan tulang tungkai.
Ketika sujud, seluruh berat badan tertumpu sepenuhnya di atas otot-otot kedua tangan, kaki. dada, perut, punggung, leher dan otot-otot kaki. Lihat saja pada waktu sujud ini berapa banyak otot dan persendian yang kita gerakkan.

Setelah itu kita bangkit dari sujud. Kita duduk, kemudian kita sujud lagi dan sesudah itu kita berdiri kembali. Dalam gerakan badan kali ini secara automatik kita telah menggerakkan sejumlah besar otot-otot di dada , bahu, lengan, perut, punggung, peha, kaki bagian bawah dan otto-otot lainnya. Selain itu kita juga melakukan dua jenis duduk - pertama duduk antara dua sujud dan kedua duduk tahiyat. Kedua jenis duduk ini menggerakkan tumit , pangkal paha, selangkangan, jari-jari kaki dan lain-lain.

Ketika kita memberi salam , kita menggerakkan otot-otot leher tengkuk dan lain-lain.
Kalau kita lihat dari dua hal di atas yaitu menghirup oksigen yang istimewa dan gerakan otot-otot yang semuanya itu sudah tentu akan menyehatkan tubuh kita. Sholat tahajud bisa juga menjauhkan penyakit pinggang yang selalu menyerang orang yang banyak tidur dan bangun lewat dari tidur malam.

"Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (Surah al-Isra' 17: 79)
Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa ada di dalam syurga dan dekat dengan air yang mengalir. Sambil mengambil apa yang diberi oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum ini di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah." ( Surah az-Zariat ayat 15-18 )

Sebelumnya saya mohon maaf ,saya memposting tulisan ini bukan berarti saya sudah berhasil melaksanakannya dengan sempurna.Tapi saya berharap ,semoga tulisan ini bisa menginspirasi atau memotivasi kita untuk bisa hidup menjadi lebih baik dari sebelumnya .sayapun saat ini sedang berjuang dan berusaha melawan segala kemalasan untuk mengaplikasinak tulisan ini.Dari dulu saya pingin sekali bisa tidur hanya 3 jam sehari tapi sampai saat ini belum mampu, masih mencoba dan mencoba….

52 comments:

  1. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk Blogspot dengan installasi mudah. Salam!

    http://www.lintasberita.com/Lokal/Rahasia_tidur_dan_sholat_tahajud/

    ReplyDelete
  2. Pada dasarnya untuk lebih mempermudah kita menjalankan sholat tahajud adalah memperbaiki perilaku dan adab kita pada siang harinya, karena Allah SWT hanya ingin bertemu dengan orang yang bersih hatinya dan indah perilakunya. Jadi untuk melaksanakan sholat tahajud itu tidak hanya sebatas niat saja, terkadang kalau kita berkelakuan baik pada siang harinya maka dimalam harinya diberi kemudahan oleh Allah SWT untuk melaksanakan sholat tahajud, karena Allah SWT ingin bertemu dengan Hamba-Nya yang dicintainya. Mudah-mudahan kita semua diberi kemudahan untuk melaksanakan sholat tahajud.....
    Mari kita kibarkan Panji-panji ISLAM. ISLAM itu tinggi ALLAHUAKBAR....

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah saya sudah terbiasa sejak SMA tidur hanya 4 jam. Namun saat ini saya tinggal di Eropa dan waktu sholat disana lain dgn di Indonesia. Ada tips tidak ya mengatasi ketidakteraturan ini? Sekarang waktu tidur jadi berantakan, jadi sekitar 3-6 jam :(

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah saya sudah melaksanakan sholat tahajud rutin sejak 1 bulan yg lalu,Saya adalah seorang pengangguran dan kerjaannya nongkrong sana sini sambil merokok layaknya orang yg buangan & kalo capek tidur di mesjid yg kutemui di jalan,tapi shalat tahajud selalu saya lakukan,
    hikmahnya :
    1. hati, pikiran terasa tenang
    2. Percaya diri yg sangat tinggi (karena merasa Allah selalu berada didekatku), bahkan saya merasa tidak takut pada siapapun kecuali Allah
    3. Melihat dunia seperti yg terdengar dalam lagu god bless "Dunia panggung sandiwara"
    4. Segala urusan jadi lancar
    5. Tidak kekurangan rezeki
    6. Selalu merasa kangen berat untuk segera datangnya malam supaya bisa tahajud lagi

    ReplyDelete
  5. Saya sering berniat untuk sholat tahajud, pengen sekali rutin mengamalkannya. Ketika saya sesekali solat tahajud, dan setelah itu badan rasanya tidak fit kayak kurang tidur.
    Ada yang salah ? Apa karena kurang ikhlas ? Atau hati masih kotor ? atau kurang rutin ?

    ReplyDelete
  6. Ass wr wb.
    Mau tanya nich mengenai masalah mengurangi tidur di malam hari.
    Yang saya tanyakan adalah apakah ada kajian yang konfrehensif mengenai hubungan tidur dengan ibadah ini? Karena seperti yang dikutip di ayat atas adalah mengurangi tidur di malam hari, terus kalau diganti dengan tidur di siang hari bagaimana?

    Soalnya begini, di ayat yang lain Allah menyatakan bahwa tidur adalah fitrah manusia dan sebagai sarana untuk istirahat. Apakah kita menyia-nyiakan fitrah ini dengan mengurangi tidur?

    Maksudnya apakah kita diperbolehkan mengurangi tidur malam untuk bertahajud dan sebagai gantinya kita tidur siang (tentu dengan lama yang wajar)? Bagaimana para sahabat ketika siang, apakah mereka tidur siang?

    Karena terus terang, untuk bisa tidur nyenyak hanya 3 jam bukan hal yang mudah. Dan kalau kita tidak bisa akibatnya mengganggu aktifitas kerja di siang hari karena ngantuk.

    ReplyDelete
  7. terima kasih buat artikelnya.

    mudah2 an banyak yg baca dan mengambil manfaatnya. :)

    ReplyDelete
  8. mas trima kasih banget
    atas informasinya.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. kenapa ya kita susah sekali untuk hidup sehat.. kenapa kita susah2 cari tempat aerobik kalo toh sholat lebih baik drpd senam dan yoga... sholat tahajud adalah pnymbuh sgala mcm pnyakit. tempat curhat segala kegelisahan.. badan sehat masuk sorga pula choy.....?

    ReplyDelete
  11. makasi atas informasinya yah...
    saya akan coba step by step

    ReplyDelete
  12. Terimakasih buat informasinya,
    bermanfaat banget buat saya yang masih belajar menjadi manusia lebih baik.

    ReplyDelete
  13. khaifa haluk?
    saya pernah sholat tahajud saat kelas 3 smp selam
    bulan,namun ketika saya sma saya mersa saya malas mengerjakan seolah-seolah badan saya berat untuk bangun.
    ketika saya kelas 3 sma saya rindu lagi.begitu rindunya terhadap kekapan Allah.
    padahal saya tau manfaatnya.
    saya ingin kembali dan selalu ingi kembali pada Allah.
    Affwan kalau saya curhat!

    ReplyDelete
  14. Terima kasih tipsnya. Sy butuh yg kayak gini soalnya Sy masih merasa berat utk bangun malam.

    ReplyDelete
  15. wah thank you infonya saya dah coba bwt tahajud tapi selalu mepet sama waktu subuh but i will tray it so much,syukron alal informasi by hidayatullah,barakallahu laka

    ReplyDelete
  16. bermanfaat bgtz infonya...
    terimakasih ya...
    tapi, aq da sedikit pertanyaan neh???
    jika kita sudah melaksanakan tahajud trs tidur tapi terbangun lagi, apakah kita masih boleh melaksanakan solat tahajud lagi???ato mungkin lebih baik melaksanakan solat sunnah (malam) yang lain??

    ReplyDelete
  17. saya adalah pelajar yang baru akan mendapatkan hasil ujian nasional saya,dan setiap malamnya saya melakukan sholat tahajud (walaupaun tidak rutin).Saya selalu minta pada Allah untuk kelulusan saya ,dan akhirnya apa yang saya minta lansung diijabah oleh Allah swt,dari situ saya bertambah yakin bahwa dengan melakukan ibadah-ibadah terutama sholat yang wajib dan di tambah dengan yang sunnah maka seluruh masalah saya dapat terkendali dengan bantuan dari Allah swt.

    ReplyDelete
  18. Subbhanallah...Allhamdulillah..saudaraku, luar biasa Allah menurunkan perintahNya selalu disertai dengan manfaat yang Maha besar untuk HambaNya.Tahajud merupakan gerbang dari Hidayah yg masuk dlm diri kita.ada kekuatan yang luar biasa ketika kita sujud disepertiga malam.Zikir... dgn menyertakan setiap inci persendian tubuh kita bertakbir mengagungkan Asma Nya hingga menghantarkan getar ke seluruh tubuh kita.
    thank's ya share nya.(aku baca sambil menitikan air mata nich...)

    ReplyDelete
  19. ku mrindukan setiap rumah muslim malamnya dihiasi sholat tahajud..mesjid mesjid penuh seperti sholat jumat...ketika tiba sholat 5 waktu... InsyaAllah akan tercipta dunia yg aman, tentram, dan damai seperti disurga...?

    ReplyDelete
  20. thanks a lot 4 u'r articles.. not only me but also others who need it.. Allah will bless u all..

    ReplyDelete
  21. Semoga akan menambah iman dan taqwa kita, dan menjadikan kita "Hasbunallah wa ni'mal wakil."

    ReplyDelete
  22. thanks banget..yach

    ReplyDelete
  23. mengapa kita kadang2 masih kalah dg penyakit yg namanya MALAS dg berbagai alasan,semoga ALLAH tetap meneguhkan hati kita untuk tetap KEPADANYA.

    ReplyDelete
  24. Selama ini saya menjalankan sholat Tahajjud dengan cara yg sama persis dengan sholat Tarawih, yaitu 11 Rakaat, terdiri dari 2 X 4 Rakaat (tanpa Tasyahud awal) plus Witir 3 Rakaat (tanpa Tasyahud awal). Apakah cara ini benar kiranya?

    ReplyDelete
  25. manteb kk info nya.

    ini link yg ada kaitannya jg ama artikel tersebut.
    punya orang di blog sebelah.hehehe

    semoga menambah manfaat.amin

    http://tahajudcallmq.wordpress.com/2007/08/20/%E2%80%9C-keutamaan-shalat-tahajud-%E2%80%9D/

    ReplyDelete
  26. 1. Terima kasih atas artikelnya, hanya saja, masalah bangun pagi untuk sholat tahajjut dan hanya tidur malam 3 jam,ada gak kajian ilmiah detailnya mengenai hal ini dalam hubungannya dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
    2. Dari referensi buku yang saya baca, kalau menjelang fajar yang keluar dari bumi adalah sinar infra merah bukan oksigen, oksigen bisa diperoleh dari udara atmosfir, dari tanaman (proses fotosintesa) dan dari alat yang digunakan untuk menambah oksigen (aerator dll). Bagaimana mekanisme dan proses kimia oksigen bisa keluar dari bumi di pagi hari.
    3. Kajian ilmiah dari sholat tahajjut lebih mengena daripada referensi yang kurang jelas.

    ReplyDelete
  27. alhamdulillah sudah 2 minggu ini saya bisa tahajud meskipun ad satu malam saya tidak tahajud dan ketika bangun sangat menyesal krn melewatkan satu malam untuk tahajud, tetapi saya belum bisa mengatur ritme jam tidur....kdadang kalo tidurnya kemalaman habis tahajud dan shubuh tidur lagi krn mengantuk, bagaimana mengaturnya sehingga kita tidka akan mengantuk di pagi harinya. syukron

    ReplyDelete
  28. artikel pada blog ini sangat bagus sekali karena bisa membuat insan-insan ditanah air bangkit melawan kemalasan yang dengan kemalasan ini indonesia kita ini akan hancur disebabkan kemiskinan meraja lela.... gooood

    ReplyDelete
  29. terima kasih banyak... sy print artikel ini ya... semoga menjadi amal baik bagi anda yg telah memberi ilmu yg bermanfaat bagi sy... amin..

    ReplyDelete
  30. Allhamdullillah, sy dah jalankan shalat tahajud memang banyak hikmahnya dan banyak kemudahaan yg diberikan oleh Allah SWT, Insyallah kok klo kt mang niat sungguh2 kt bs tuk bangun mlm dan tidak ngantuk tuh...

    ReplyDelete
  31. pengen tau do'anya dong,... serta amalan2 lain supaya abis tahajud nggak tidur lagi,..

    ReplyDelete
  32. saya juga alhamdulilah sudah bisa melaksanakan sholat tahajud
    pikiran saya jadi lebih tajam dan sehat
    dan bisa menjadi obat hati kebingungan dari setiap masalah
    pertamanya emang sulit buat melaksanakan sholat ini tapi karna niat saya kuat alhamdulilah semuanya bisa mudah dilewati

    ReplyDelete
  33. alhamdulillah semenjak pulang dari tanah suci saya selalu mengerjakan sholat tahajud, nyesal rasanya kalau sampai ketinggalan, harus nunggu datangnya malam berikutnya...
    ya kalu kita masih diberikesempatan lagi sama ALLAH kalu nggak kan berabe..
    kuncinya adalah coba dan coba sampai kau temukan kerinduan dihatimu dgn sang Khaliq

    ReplyDelete
  34. Sesungguhnya Allah turun ke langit bumi sepertiga malam
    untuk melihat hamba2Nya yg bang0n malam..
    "Mana hambaKu yg meminta untuk Aku makbulkan permintaannya, mana hambaKu yg berisgtifar untuk Aku ampunkan dosanya."

    Sem0ga kita semua dilimpahi rahmat dan kasih sayang Allah dan sem0ga kita dpat bjuang untuk bangun menunaikan s0lat tahajjud yg penuh hikmah....~AMIN~

    ReplyDelete
  35. saya malu dengan usia yg tidak muda lg masih belum ruitin sholat tahajud.......ya Allah bimbinglah hambamu selalu dijalanMu....Engkau lah yg membolak balikan hatiku...kuatkanlah niat dan mudahkanlah aq dalam menjalankan sholat sunat tahajjud...Amin...

    ReplyDelete
  36. aku akan berusaha selalu .untuk mendapat ridlo Allah dan Syafaat Rasulalolah.kareena inti dar hidup kita di dunia itu.

    ReplyDelete
  37. Ya Allah mudahkanlah hambamu ini untuk bisa melaksanakan ibadah tambahan bagimu .. sesungguhya engkau zat yg bisa membolakbalikan hati hambanya...insya Allah.

    ReplyDelete
  38. Emg gk gampang Bngun di Tengah MLm,MLaksanakan Sholat Tahajjud, namun di baLik itu semua ada KnikMatan yg b'beda steLah mLkasanakan nya...
    ALLhmdLLh.....

    ReplyDelete
  39. saya sudah pasang alarm jam 3 pagi dengan tujuan untuk bisa bangun dan melaksanakan sholat tahajud,tetapi setelah alarm bunyi dan saya terbangun itu alarm saya matikan dan tidur lagi akhirnya bangun siang lagi siang lagi...gimana ya solusinya ???

    ReplyDelete
  40. Subhanalloh, Insya Alloh saya dah bbrp bln ini slalu bangun mlm mengerjakan sholat tahajud dan sholat hajat,Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. walaupun tidur hanya 3 jam, rasa ngantuk disiang hari pasti, tapi kita pasrah saja kepada Alloh, Alhamdullillah tugas kantor jadi lancar. hati menjadi tenang. Alloh Maha Benar. ALLOH HUAKBAR

    ReplyDelete
  41. Asw. Saya mo sharing pengalaman saya, semoga bermanfaat. Ada beberapa tips yang insya Allah bisa membantu kita bangun malam untuk tahajjud :
    1. Niatkan dengan kuat dan ikhlas lillahi ta'ala bahwa kita mau sholat tahajjud ntar malam;
    2. Untuk tahap awal sebagai latihan, bisa dengan bantuan jam beker atau alarm HP, disetel pk. o1.oo ato o2.oo WIB;
    3. Ketika tiba waktunya bangun, jangan malas2, langsung bangun dan ambil air wudhu. Bisa juga gosok gigi dulu;
    4. Insya Allah kalo sudah terlatih, akan ada semacam jam biologis dalam tubuh kita. Tanpa bantuan jam beker atau alarm HP, insya Allah tiba2 sudah bangun sendiri ketika waktunya tahajjud. Wallahu a'lam bishshowab.
    OK, Guys, segitu dulu sharing dari saya. Semoga bermanfaat, amin.

    ReplyDelete
  42. Subhanallah,,, sungguh besar manfaat yang bisa di ambil dari sholat tahajud ini,,,,,,
    artikelnya bagus sekali,,,bisa merasuk kedalam pembaca seperti saya,,, yang belum dekat denganNya
    semoga kita bisa tergolong yang di ridloinya... amieenn..

    ReplyDelete
  43. Yang penting sekarang gimana caranya bisa istiqomah,

    ReplyDelete
  44. Wah dari 2008 - 2012 komennya trs bertambah dan byk yg baca. Subhanallah. Dr dulu saya blm paham tata cara tahajud, pdhl niat selalu ada. Byk yg blg segala persoalan jd ringan klo rajin tahajud. Insyaallah saya bs menjalaninya, dan segala persoalan jd ringan dan mudah. Amin. Barakallah @ReezalBritish83

    ReplyDelete
  45. Terima kasih tipsnya. Sy butuh yg kayak gini soalnya Sy masih merasa berat utk bangun malam.

    ReplyDelete
  46. Saya sering berniat untuk sholat tahajud, pengen sekali rutin mengamalkannya. Ketika saya sesekali solat tahajud, dan setelah itu badan rasanya tidak fit kayak kurang tidur.
    Ada yang salah ? Apa karena kurang ikhlas ? Atau hati masih kotor ? atau kurang rutin ?

    ReplyDelete
  47. Assalamu'alaikum, informasi yang sangat berguna sekali bagi saya demi menambah pengetahuan di bidang shalat tahajud,,salam kenal dan jangan lupa kunjungan baliknya ya...!

    ReplyDelete
  48. Mksh.Artikelnya sungguh bermnfaat.

    ReplyDelete
  49. Ketika saya mengmalka. Solat thjd rasanya stiap apa yg sy inginkan dgn mudah dikabulkan

    ReplyDelete
  50. Subhanallah.... Ampuni hamba yng belum rutin melaksanakan sholat tahajud Ya Rabb hilangkan rasa ngantuk saat waktu sholat tahajud tiba...

    ReplyDelete